RU Bertemu Luhut “Untuk Maluku”

“Follow Up trima kasih pa menko semoga investasi untk kemajuan maluku segera tercapai”, caption singkat yang melengkapi foto bersama dengan mentri kordinator kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan pada rabu malam (15/06). Foto bersama Luhut bukan kali pertama yang diunggah oleh Bupati Buru yang juga ketua DPD I Partai Golkar Maluku melalui akun instagramnya @ramlibrahimu. Lantas apa yang menjadi mimpi besar Ramly dibalik manuvernya bertemu dengan Luhut untuk kepentingan di Maluku.?


ForumMaluku.com-Nama Luhut Binsar Pandjaitan yang saat ini menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman bisa dikatakan sebagai menteri yang paling santer dimata publik terkait berbagai perannya dikabinet Presiden Joko Widodo.

Luhut banyak diberikan peranan dalam mengurusi urusan pemerintahan dan politik Jokowi. Sejak 2014, Luhut memang sudah menjadi jenderal andalan Jokowi di berbagai posisi.

Awalnya, ia menjabat sebagai Kepala Kantor Staf Kepresidenan, sebuah unit lembaga yang baru ada di era Jokowi.

Kemudian saat terjadi reshuffle pada Agustus 2015, Luhut digeser ke pos Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan.

Saat reshuffle pada Juli 2016, Luhut kembali digeser menjadi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman.

Selain pernah mengisi beberapa ruang kementrian, Luhut juga dikenal sebagai orang yang sering dipercayakan jokowi dalam “menambal” sementara waktu jabatan mentri yang mengalami kekosongan.

Tak tanggung-tanggung dilansir dari detikfinace.com Sudah tiga kali ia ditunjuk Presiden Jokowi untuk menggantikan posisi menteri yang kosong. Meski memang tiga jabatan itu adalah bagian dari kementerian yang menjadi pengawasannya sebagai menteri koordinator bidang kemaritiman dan investasi.

Diplomator Jokowi

Terlepas dari urusan pemerintahan Luhut juga sering menjadi orang yang dipercayakan mengurusi hal ihwal politik yang berkaitan denga Jokowi.
Dirinya mengaku pernah diutus secara khusus oleh Presiden Jokowi untuk menemui Capres Prabowo Subianto. Saat itu situasi politik pasca Pilpres 2019 sempat menghangat.

“Pak Prabowo kan orang baik, jadi saya hanya titip saja mau bilang, ya jangan terlalu didengari lah pikiran-pikiran yang terlalu gak jelas basisnya. Karena Pak Prabowo orang rasional,” kata Luhut di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (22/4/2019) Dikutip dari merdeka.com.

Posisi Penting Di Golakar

Luhut kini secara kepartaian juga memiliki posisi penting di Golkar. Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto, mengangkatnya sebagai ketua Dewan Penasihat partainya periode 2019-2024.

“Ya tentu Pak Luhut salah satu kader Golkar yang punya kebijaksanaan dan punya jaringan yang luas,” kata Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (15/1/2020).

Airlangga mengatakan bahwa pihaknya membutuhkan nasihat dari Luhut dalam banyak hal. Di sisi lain, Luhut juga masih menjadi kader partai beringin tersebut.”Karena kan Pak Luhut kader Golkar dan memang membutuhkan penasihat untuk banyak hal,” ujarnya dikutip dari sinarharapan.co

Luhut juga disebut-sebut sebagai salah satu orang yang berperan penting atas kemenangan Airlangga di Munas Golkar dan menjadi mediator atas perseteruan Airlangga dan Bomsoet dalam merebut kursi ketua Umum.

Luhut Dan Mimpi Besar “RU” Untuk Maluku.

Dalam pertemuannya maret kemarin, Ramly disalah satu media lokal menegaskan soal pertemuannya dengan Luhut sebatas menghadiri undangan dan membicarakan hal-hal yang terkait dengan pengembangan sumberdaya yang ada di Maluku.

“Pertemuan pertama dalam kapasitas saya sebagai bupati, dan beliau undang untuk terkait dengan potensi-potensi yang di Maluku. Kalau malam ini (Sabtu kemarin), saya bertemu dengan beliau itu hanya silaturahmi biasa saja,” ungkap Ramly, dilansir dari RakyatMaluku.com

Tentunya manuver Ramly jika dioptimalkan untuk meyakinkan Luhut terkait segala sumber daya alam yang ada di Maluku banyak yang bisa dikembangkan, sudah barang tentu akan memberikan dampak positif bagi kesejahtraan masyarakat. Apalagi jika soal tambang emas Gunung Botak dan Blok Masela yang sampai sekarang tak kunjung ada penyelesaianya..!!!

Meskipun Ramly telah memberikan afirmasi ke ruang publik terkait pertemuannya dengan Luhut hanya sebatas pertemuan biasa yang membicarakan pengembangan daerah dan kepentingan masyarakat, tentunya tidak akan membatasi asumsi publik.

Mungkin saja ini langkah politik Ramly dalam mendapatkan The degree of trust dari Luhut dalam membangun kekuatan ditingkat elit Nasional untuk kepentingan di 2024 nantinya.

Pasalnya terlepas dari posisinya yang akan menjadi king maker di beberapa kabupaten pada perhelatan 2024, dirinya juga digadang-gadang akan maju sebagai calon Gubernur Maluku.

Rumor perseteruanya dengan Gubernur Maluku sekarang yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Maluku dan ekspektasinya untuk membesarkan Golkar sekaligus menjadi orang nomor satu di Maluku, mengharuskan dirinya membentuk kans politik baik di tingkat akar rumput hingga elit Nasional harus terbangun dari sekarang.

Posisi strategis luhut saat ini yang dikatakan sebagai orang dekatnya Presiden tentunya memberikan dampak politik dalam mengimbangi Murad mantan kakor Brimob yang dikenal juga memiliki relasi dan the strength of the national system.

(fm-01)

 

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •