Rumarey Wattimena: Festival Kataloka Sebagai Ajang Promosi Budaya

ForumMaluku.com-Penyelenggaraan Festival Kataloka yang ke-6 berjalan dengan sukses usai dibuka oleh Gubernur Maluku Irjen. Pol (Purn) Drs. Murad Ismail dan ditutup dengan memberikan hadiah kepada pemenang juara turnamen Piala Raja Cup Negeri Kataloka, Kecamatan Pulau Gorom, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT).

Kegiatan Festival Kataloka tersebut berpusat di halaman depan Rumah Raja Negeri Kataloka, pada Senin (20/12/2021).

Meski dilaksanakan secara terbatas dikarenakan Pandemi Covid-19, event tahunan yang dipusatkan di Negeri Kataloka, itu nyatanya tetap mendapat sambutan hangat dari masyarakat setempat.

Berbagai kegiatan dan tarian yang disuguhkan mulai dari turnamen Piala Raja Cup Negeri Kataloka tahun 2021 yang berjalan dengan sukses dan mampu mengobati kerinduan masyarakat akan suguhan wisata budaya di petuanan Negeri Kataloka.

Pada puncak kegiatan ada berbagai pertunjukan tarian khas Kataloka serta sejumlah kegiatan lainya diantaranya tari Sawat Bongkorey, Parade Bendera Kerajaan, Prosesi Penerimaan Bendera Kerajaan Kataloka, Pengukuhan Gubernur Maluku Murad Ismail sebagai Matlean Wanu Ata Lo’a, Penampilan Tari Giwal Kinor, Tari Perang Jou Bessy, Penampilan Tari Silat Jala, Launching Jersey dan Peresmian Klub Sepak Bola Sinar Viktoria Kataloka, Tari Kolosal Kataloka, Tari Lussy, Tari Sulawesi Tenggara, serta penyerahan piala kepada juara turnamen Piala Raja Cup Negeri Kataloka.

“Alhamdulillah kita sudah melaksanakan kegiatan Festival Kataloka yang memberikan dampak positif terhadap wisata budaya di Kabupaten SBT berjalan dengan sukses,” ungkap Moh Rumarey Wattimena Anggota DPRD SBT yang juga Raja Negeri Kataloka X.

Rumarey Wattimena yang juga Ketua Fraksi PDN DPRD Kabupaten SBT ini mengatakan, di tengah perkembangan zaman dan teknologi yang modern ini, kita sangat apresiasi atas inovasi dan kreativitas yang dilakukan oleh masyarakat dan generasi muda dalam melestarikan seni dan budaya di wilayah masing-masing salah satunya Festival Kataloka sebagai ajang promosi negeri di berbagai sektor yang menjadi target kedepan.

“Kegiatan festival kataloka yang bertema yang digelar sebagai bentuk kepedulian masyarakat dan generasi muda dalam melestarikan kesenian tradisional yang saat ini mulai tersaingi oleh kesenian yang bersifat modern,” ucapnya.

Selain itu, dirinya juga berharap kepada seluruh generasi muda yang ada di Negeri Kataloka dan Kabupaten SBT untuk tetap melestarikan kesenian dan kebudayaan tradisional, karena Indonesia khususnya Kabupaten SBT sangat penuh dengan keberagaman seni dan budaya.

“Kita siap membantu sarana dan prasarana untuk menunjang pagelaran kegiatan seni budaya tradisional, dan juga kegiatan seperti ini dapat berlanjut seterusnya,” pungkas Anggota DPRD asal partai PPP itu.

 

(Fm-Baim)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •